1.114 Rumah Tangga di Yogyakarta Terima Bantuan Gratis Pasang Baru Listrik

Jumat, 18 November 2022 - Dibaca 864 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 467.Pers/04/SJI/2022

Tanggal: 18 November 2022

1.114 Rumah Tangga di Yogyakarta Terima Bantuan Gratis Pasang Baru Listrik

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuan sambungan listrik gratis bagi 1.114 rumah tangga tidak mampu di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sambungan tersebut termasuk dalam Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) Kementerian ESDM yang mendapat dukungan penuh dari Komisi VII DPR RI.

"Kabupaten Bantul akan mendapatkan 381 sambungan rumah tangga yang tersebar di 16 kecamatan," ungkap Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Ketenagalistrikan, Sripeni Inten Cahyani dalam Peresmian dan Penyalaan Pertama Program BPBL Provinsi Yogyakarta, di Kecamatan Imogiri, Bantul, Kamis (16/11/2022).

Ia menyebutkan, melalui program BPBL ini, selain untuk meningkatkan rasio elektrifikasi, diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat dengan akses listrik milik sendiri.

"Dengan memiliki akses listrik sendiri, masyarakat penerima manfaat BPBL diharapkan tidak lagi tergantung penyediaan listrik dari tetangga," kata Sripeni.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi VII DPR Gandung Pardiman menyatakan bahwa Kelurahan Karang Tengah, yang juga merupakan lokasi peresmian, termasuk wilayah penerima BPBL terbanyak di Provinsi Yogyakarta.

"Mudah-mudahan masyarakat di Kelurahan Karang Tengah memiliki kehidupan yang lebih makmur, maju dan sejahtera," tutur Gandung.

Dalam hal penyediaan infrastruktur kelistrikan, Executive Vice President Penjualan dan Pelayanan Enterprise PT PLN (Persero) Abdul Farid mengungkapkan bahwa Kabupaten Bantul sudah terkoneksi 100% dan pelaksanaan BPBL di lokasi tersebut berjalan dengan baik.

"Adanya program BPBL ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan meningkatkan kehidupan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," ujar Farid.

Bupati Kabupaten Bantul H. Abdul Halim Muslih yang turut hadir dalam peresmian menyatakan bahwa pihaknya berterima kasih kepada Pemerintah, Anggota DPR RI Komisi VII dan PT PLN (Persero) yang telah memberikan bantuan sambungan listrik gratis di wilayahnya.

"Program ini memberikan dampak positif berupa peningkatan faktor produksi yang mengurangi angka kemiskinan di kelurahan Karang Tengah," ungkap Muslih.

Selesai peresmian, dilakukan juga kegiatan seremoni penyalaan listrik pertama di rumah warga di kelurahan Karang Tengah. Perwakilan warga penerima manfaat BPBL mengaku senang atas bantuan pasang listrik gratis yang diberikan oleh pemerintah.

"Saya sangat senang sekali dan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah, adanya pemasangan listrik gratis, listrik dirumah jadi tidak sering padam," ungkap Giyati (34), seorang ibu rumah tangga yang sebelumnya mengaku menyalur listrik dari tetangga

Rasa syukur juga diungkapkan oleh Sugeng (47) yang sehari-hari bekerja sebagai petugas bersih-bersih di BPD. Ia selama ini menyalur listrik dari rumah adik untuk menerangi rumah yang ditinggali bersama 3 orang keluarganya.

"Terima Kasih kepada Pemerintah, berkat BPBL, kami sekeluarga dapat menggunakan listrik secara maksimal dan kapan saja," ungkap Sugeng. (U/RAF)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

Bagikan Ini!