Sekilas Penetapan Pelaksanaan Pembangunan Proyek Kilang LNG Tangguh Train 3

Friday, 1 July 2016 - Dibaca 3182 kali

Pada hari ini, Menteri ESDM akan menyaksikan penetapan penyampaian dokumen dari SKK Migas ke BP Tangguh sebagai bagian dari penetapan pembangunan proyek Kilang LNG Tangguh Train 3. Berikut penjelasannya:

  1. 1. Apa itu Kilang LNG Tangguh Train-3?
    • Train-3 diproyeksikan akan menyumbang tambahan 3,8 juta ton per tahun (mtpa) terhadap kapasitas produksi Kilang LNG Tangguh, sehingga total kapasitas kilang menjadi 11,4 mtpa.
    • Proyek Tangguh Train-3 juga akan menambahkan 2 anjungan lepas pantai, 13 sumur produksi baru, dermaga LNG baru, dan infrastruktur pendukung lainnya.
    • Kilang LNG Tangguh dioperasikan oleh BP Berau Ltd sebagai kontraktor mitra utama SKK Migas. BP memegang saham mayoritas, yakni 37,16%.
    • Ada 6 kontraktor mitra Tangguh lainnya yang digandeng BP, yakni: MI Berau BV (16,30%), CNOOC Muturi Ltd (13,90%), Nippon Oil Exploration (Berau) Ltd (12,23%), KG Berau/KG Wiriagar (10,00%), Indonesia Natural Gas Resources Muturi Inc (7,35%), dan Talisman Wiriagar Overseas Ltd (3,06%)
  2. Apa untungnya Kilang LNG Tangguh Train-3?
    • Train-3 ini besar artinya bagi "Program 35.000 MW", karena 75% dari produksi tahunan LNG dijual ke PT PLN (Persero), atau setara dengan 3.000 MW listrik bagi Indonesia.
    • Selain itu, terdapat volume LNG dari kilang Tangguh LNG Train-3 yang akan dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan gas bagi kelistrikan di Provinsi Papua Barat.
    • Adapun sisa volume Train-3 telah dibeli oleh Kansai Electric Power Company.
  3. Apa multiplier effect Kilang LNG Tangguh Train-3?
    • Saat ini, Kilang Tangguh telah berdampak positif terhadap sosial-ekonomi melalui program pengembangan masyarakat dan menyediakan kebutuhan listrik bagi Kabupaten Teluk Bintuni.
    • Train-3 sendiri akan membawa efek-berantai besar bagi Indonesia, wabil khusus wilayah Papua Barat, mulai tahun 2016.
    • Train-3 berkomitmen untuk mengalokasikan gas bagi pasokan listrik Papua Barat hingga 20 mmscfd.
    • Train-3 akan memberikan pengembangan terhadap jumlah tenaga kerja putra daerah yang kini berada di angka 55%, untuk memenuhi komitmen 85% pada 2029.
    • Sekitar USD1,3miliar kandungan dalam negeri dari barang dan jasa dipasok oleh perusahaan Indonesia.
    • Sekitar 35% kandungan lokal digunakan pada semua paket pekerjaan Sumur Pengembangan Tangguh.
    • Lebih diberdayakannya kontraktor nasional/lokal dalam proyek ini, antara lain dari sektor pekerjaan sipil, mesin, elektro, hingga kelautan.

Share This!