Sudirman Said: Esensi Layanan Publik Adalah Power dan Integrity

Monday, 7 March 2016 - Dibaca 1373 kali

JAKARTA - Inovasi terus dilakukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk meningkatkan pelayanan publik, salah satu wujud nyatanya adalah dengan berhasilnya 3 (tiga) proposal Kementerian ESDM ke dalam Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik. Kompetisi yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) ini meloloskan 99 proposal inovasi pelayanan publik dari 2.467 proposal yang diajukan dari berbagai Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/BUMN/BUMD.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri ESDM, Sudirman Said mengungkapkan bahwa esensi dari layanan publik adalah power and integrity. "Dahulu di Kementerian ESDM, power begitu besar, namun karena korupsi, credibility menjadi hilang. Inilah yang membuat trauma dan membuat public trust terhadap Kementerian ESDM menurun", papar Sudirman sesaat sebelum memulai paparan.

Sudirman melanjutkan, satu setengah tahun ini kementerian terus melakukan upaya untuk mengembalikan public trust tersebut. "Satu setengah tahun ini kementerian melakukan transformasi untuk mengembalikan public trust. Hal tersebut tidaklah mudah, namun dengan kesungguhan dan komitmen, saya yakin itu bisa kita capai", kata Sudirman.

Terkait berhasilnya tiga proposal inovasi pelayanan publik lolos dalam kompetisi ini, Sudirman mengatakan ini merupakan prestasi dan menjadi dorongan bagi kementerian untuk terus meningkatkan public trust. "Merupakan sebuah prestasi bagi Kementerian ESDM untuk dapat lolos dalam 99 besar. Tidak penting ini akan masuk ranking berapa, namun ini harus menjadi encourage bagi kami yang ada di Kementerian ESDM untuk terus berupaya untuk mengembalikan dan meningkatkan public trust", pungkasnya. (WA)

Share This!